ads

TIPS MEMILIH ISTRI Oleh: KH. Maimun Zubair

SitusIslami.com - Mbah Maimun dawuh:
"NEK MILIH BOJO IKU SENG ORA PATIYO NGERTI DUNYO"
mergo sepiro anakmu sholeh iku tergantung sepiro sholehahe ibune.

istri sholihah

(  Nasihat dari KH. Maimun Zubair: Hendaknya memilih calon istri yang tidak suka duniawi. Sebab faktor utama anak kita menjadi seorang anak yang solih tergantung seberapa solihah nya sang ibu )


Shohabat Abbas iku nduwe bojo seng ora seneng dandan, shohabat Abbas nganti isin nek metu karo bojone, tapi beliau nduwe anak ngalime banget, jenenge Abdulloh bin Abbas.

( Sahabat Abbas mempunyai seorang istri yang tidak suka berdandan, Sahabat Abbas sampai malu ketika beliau keluar bersama sang istri. Tapi beliau mempunyai seorang anak yang sangat alim dan solih yaitu Abdulloh bin Abbas )


Sayyidina Husain nduwe bojo anak'e Rojo Rustam (rojo persia), walaupun toh asale putri rojo, tapi sakwise dadi bojone sayyidina Husain de'e wes ora patiyo seneng dunyo, mulane nduwe putro Ali Zainal Abidin bin Husain, ngalim-ngalime keturunane Kanjeng Nabi.

( Istri Sayyidina Husain adalah anak dari Raja Rustam ( RAJA PERSIA ) setelah menjadi istri Sayyidina Husain beliau tidak suka duniawi meskipun seorang anak raja, dan melahirkan putra Ali Zainal Abidin bin Husain seorang yang paling alim dari keturunan Nabi Muhammad SAW )


kyai kyai sarang do ngalim ngalim koyo ngono iku mergo mbah-mbah wedhok'e do seneng poso.

( Kealiman  para Kyai sarang berkat nenek-neneknya yang suka puasa )


Syekh Yasin Al Fadani (ulama' asal padang yang tinggal di makkah) iku nduwe garwo pinter dagang, nduwe putro 2, seng siji dadi ahli bangunan, sijine meneh kerjo neng transportasi... kabeh anak'e ora ono seng nerusno dakwahe Syekh Yasin.

( Istri Syekh Yasin Al Fadani (ulama' asal padang yang tinggal di makkah) adalah seorang yang pintar berdagang. Beliau dianugrahi dua anak. Satu anaknya mempunyai bisnis transportasi dan satunya adalah pebisnis properti yang sukses. Kedua putra beliau tidak ada yang meneruskan perjuangan agama dari beliau )


neng Al Qur-an: نساؤكم حرث لكم istri iku ladang kanggo suami.

( Diterangkan dalam  Al Quran:نساؤكم حرث لكم " istri adalah ladang bagi suami  )


Sepiro apik'e bibit tapi nek tanahe utowo ladange ora apik, yo ora bakal ngasilno pari apik.

( Sebagus apapun bibit tergantung pada lahan tempat kita menanam. Jika lahan kita bagus maka baik pula tanaman kita dan sebaliknya )


intine iso nduwe anak ngalim nek istrine ORA PATIYO NGURUSI DUNYO LAN KHIDMAH KARO SUAMINE.

( Pada intinya mempunyai anak yang solih dan alim itu tergantung pada istri yang tidak suka duniawi dan bisa menjadi istri yang berkhidmah pada suami )


Nek kowe milih istri pinter dunyo, kuwe kudu wani tirakat. Lha nek ora wani tirakat yo golek istri seng ahli dzikir, kowene seng mikir dunyo alias kerjo.

( Jika kamu memilih istri yang suka dengan duniawi, kamu harus jadi suami yang ahli tirakat. Dan jika kamu tidak berani tirakat maka carilah istri yang ahli zikir atau tidak suka duniawi setelah itu yang kamu pikirkan adalah nafkah bagi keluargamu )

Subscribe to receive free email updates: